Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Blog Gratis di Blogspot

Membuat Blog Gratis di Blogspot

Cara Membuat Blog di Blogspot Gratis tutorial nya mungkin sudah banyak sekali di internet yang bisa kamu cari disana. Nama lengkap blog sendiri adalah webblog yang mana kamu bisa menulis dan memposting dalam blog tersebut sesuai keinginan kamu. 

Blogger adalah nama layanannya sedangkan Blogspot adalah nama domain yang dipakai google untuk domain blog yang dibuat di blogger. Jadi, singkat saja, Blogger sebagai nama layanan dan Blogspot itu subdomain yang akan kita terima kalau memakai blogger.

Lalu kenapa harus membuat blog?

Ada banyak alasan, tapi yang utama adalah blog bisa membantu untuk menyebarkan informasi secara masal kepada netizen, melatih kemampuan menulis, dan tentu saja untuk menghasilkan uang (ini akan kita bahas di postingan selanjutnya).

Untuk proses pendaftaranya saya rasa cukup mudah. Mungkin hanya beberapa menit saja dan kamu sudah bisa membuat blog di Blogger.com ini.

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot

Untuk buat blog baru, pertama-tama yang akan saya tanyakan adalah, apakah kamu sudah punya akun gmail? Kalau belum, maka bisa membuat gmail terlebih dahulu.

Proses pendaftaran email tersebut wajib, jadi saya sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu, karena untuk mengakses Blogger, kamu membutuhkan akun Gmail.

Langkah 1

Karena sudah punya Google Email atau Gmail. Berarti yang harus dilakukan hanyalah masuk ke https://blogger.com.

Silahkan isi Form Login dengan data login pada akun Gmail tadi.

Langkah 2

Jika email belum pernah didaftarkan di blogger, akan ada ucapan selamat datang dari Blogger. Klik saja lanjutkan ke Blogger.

Kamu akan masuk ke halaman Dashboard blogger, sekarang akun blogger sudah jadi.

Langkah 3

Pada tahap ini kita sudah selesai membuat profil untuk akun Blogger.

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog yang akan dibuat. Silahkan ikuti saja tutorial dibawah ini..

Langkah 4

Pada halaman dashboard, silahkan klik Blog Baru yang ada di samping kiri. Tombol tersebut berguna untuk mendaftar blog baru.

Langkah 5

Akan muncul 3 form pendaftaran blog yang harus diisi, meliputi:
  1. Judul: Isi dengan nama blog boleh nama kamu atau nama impian
  2. Alamat: Isi dengan alamat atau URL blog, seperti contoh arlina_design.blogspot.com
  3. Template: Pilih salah satu dan nanti bisa diganti sesuai yang kamu mau.
Kemudian klik Buat Blog untuk mulai mempublikasikan blog tersebut dan dengan begitu maka blog blogger sudah selesai dibuat.

Langkah 6

Setelah proses membuat blog, selanjutnya kita akan melakukan setting dasar pada blog yang baru kita buat. Caranya dengan klik Setelan > Dasar

Di halaman settingan dasar ini kamu bisa mengatur berbagai hal seperti mengubah Judul Blog, Mengisi Judul Blog bahkan bisa juga mengkustomisasi domain blogger menjadi Top Level Domain seperti dot com, dot net, dot org, dan masih banyak lagi.

Blog sekarang sudah jadi dan kamu bisa melakukan banyak hal luar biasa pada blog tersebut. Nanti akan saya buatkan artikel mengenai tahap awal setelah membuat blog seperti mengganti template, menulis artikel, mengatur setelan, dan lain-lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel.

Posting Komentar untuk "Membuat Blog Gratis di Blogspot"