Cara Custom Domain di Blogger Pada Domainesia

seperti halnya saat kita Custom Domain di Blogger tentu sangat lah berbeda dengan yang versi lama

Sekarang ini blogger memiliki tampilan baru tentu sangat lah beda lah dengan yang dulu banyak sekarang yang dirombak oleh blogger yaitu lebih Mobile Frendly dan enak di pandang, seperti halnya saat kita Custom Domain di Blogger tentu sangat lah berbeda dengan yang versi lama. 


Mungkin dari kalian yang ingin Custom Domain di Blogger di Tampilan Terbaru bisa ikuti panduan dibawah ini, ya walaupun DNS blogger tetep sama seperti yang lama akan tetap setelan nya aja sekarang yang berbeda. 


Membeli Domain di Domainesia

Sebelum Custom Domain di Blogger tentu hal pertama yang harus dilakukan tentu membeli domain dulu agar bisa di setting atau di hostkan di Blogger, buat kalian yang mencari promo domain beli domain di Domainesia karena harga nya sangatlah murah yaitu cuma 110 ribu rupiah termasuk PPN.

Untuk mendaftarkan akun atau membeli domain di Domainesia bisa langsung ke domainesia.com

Masuk Member Area Domainesia

Setelah membeli domain dan selesaikan pembayaran maka yang harus dilakukan adalah melakukan setting di area Member domainesia, di Indonesia banyak sekali penyedia domain yang di mana berbeda - beda setting nya. 

Apabila kalian bingung caranya langsung aja chat CS yang ada di Member Area masing - masing penyedia domain milik kalian.


Memilih Domain

Setelah masuk ke Member Area selanjutnya memilih domain yang akan di taruh di Blogger, karena ini yang akan di setting adalah domain maka kalian klik aja di menu Domain bagian kiri kemudian klik aja domain milik kalian.



Setting Nameserver Domainesia

Setiap layanan domain memiliki Nameserver berbeda ini juga awal yang harus di setting agar IP kalian bisa migrasi ke server tersebut. Untuk Domainesia ini sendiri kalian cukup gunakan nameserver bawaan aja apabila ingin domain kalian di pasang di Blogger. 

Dan apabila kalian mempunyai Hosting di tempat lain maka kalian bisa ganti nameserver tersebut sesuai penyedia hosting tersebut.


Mengelola Editor DNS Zone

Masih pada menu Domain sekarang kalian pilih aja menu Addons setelah itu pilih DNS Zone Manger disitu lah kalian bisa memasukkan IP Blogger yang berupa nomor ini, nah apa sih itu DNS ? Kita akan bahas pada artikel selanjutnya ya sobat sekarang fokus dulu untuk setting ini.



Kalian klik aja Manger DNS Maka kalian akan di bawa ke halaman untuk memasukan A Record milik blogger ini.

Memasukkan IP Record Blogger

Apabila kalian ingin mengarah kan blog kalian ke Blogger maka IP ini sangat penting, selain IP Record ini ada juga kode acak yaitu host name yang di mana setiap email memiliki host yang berbeda, kalau untuk IP Record bawaan blogger maka akan seperti di bawah ini :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Jangan lupa isi persatu IP tersebut maka akan seperti gambar berikut ini :



Masuk Ke Blogger untuk Pengaturan Domain

Selanjutnya kalian masuk aja ke Akun Blogger setelah itu pilih menu Setelan, selanjutnya scrol ke bawah sampai kalian menemukan Custom Domain. Setelah itu klik maka akan muncul pop up untuk memasukkan nama domain kalian nah kalian isi nama domain kalian.

Dari situ kalian masukan hostname yang kalian dapat tadi di DNS Zone, kalian copy Hostname tersebut.

Menambahkan CNAME Record

Langkah terakhir sekarang kalian masuk ke DNS Zone dan masukkan kode unik tadi dengan Record Type diganti dengan CNAME, Setelah itu klik Save Change. 

Selanjutnya kalian pergi ke Blogger kemudian save domain tersebut, nah sekarang selesai untuk Custom Domain di Blogger pada blog kalian. 

Catatan : Apabila domain tidak bisa di save atau sudah bisa di save akan tetapi domain masih tidak aktif itu berarti domain masih dalam tahap progressi ke Nameserver. Tunggu aja hingga 1 jam setelah itu save kembali domain tersebut. 
Getting Info...

Post a Comment