Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Mahfud MD yang Bikin Takjub

Berbicara fakta menarik Mahfud MD tentu ada banyak hal yang bisa diulas. Sosok yang mendapat julukan Pendekar Hukum dari Megawati ini bukanlah orang baru.

mahfud md
Foto: Kemenko Polhukam

Wajahnya begitu kerap ditemukan di layar kaca. Terutama berkaitan dengan isu yang berkaitan dengan hukum dan HAM. Dan saat ini intensitasnyas kian bertambah usai menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Berbagai posisi strategis pernah diemban. Baik itu yang berkaitan dengan dunia hukum, pendidikan, pemerintahan, politik hingga yang paling receh berkaitan dengan kacamata yang digunakan.

Fakta Menarik Mahfud MD

Guna menjawab beberapa pertanyaan tersebut maka cermati 5 fakta menarik Mahfud MD berikut ini:

1. Bidang Pendidikan

Melihat nama beserta gelar yang ada tak ada satupun yang akan mampu menafikan. Bahwa  Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., adalah orang yang fokus dalam bidang ini.

Uniknya, serentetan gelar yang ada di dapat dari kampus didalam negeri. Untuk SI jurusan Hukum Tata Negara di dapat dari UII, sementara itu untuk S2 bidang Ilmu Politik dan S3 bidang Ilmu Hukum Tata Negara di UGM.

Yang cukup menarik dimana Mahfud MD berhasil menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum di UII pada usia  43 tahun. Selain mengajar di UII ayah 3 anak ini juga mengajar dibeberapa kampus lain di tanah air.

2. Bidang Pemerintahan

Siapa sangka bahwa Mahfud MD adalah paket lengkap dalam bidang pemerintahan. Hal ini karena pria kelahiran Sampang 66 tahun lalu ini pernah menduduki berbagai posisi strategis mulai dari Yudikatif, Legislatif hingga Eksekutif.

Tercatat ia pernah menjadi ketua Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008 - 2013. Selanjutnya ia juga pernah menjadi anggota DPR RI periode 2004 - 2008. Dan saat ini masih menjawab sebagai Menkopolhukam.

Tak hanya itu saja tapi berbagai posisi strategis lain di pemerintahan pun emban. Mulai dari  Anggota Tim Konsultan Ahli pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum HAM RI dan Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika. 

3. Penulis Handal

Sebagai seorang akademisi dengan gelar kehormatan profesor tentu Mahfud MD adalah penulis handal. Berbagai buku dan jurnal terutama berkaitan dengan hukum dan tata negara telah tercipta dari buah pikiran. 

Beberapa yang harus menjadi bacaan wajib antara lain: 

  1. GUSDUR Islam, Politik dan Kebangsaan
  2. On The Record, Mahfud MD di balik Putusan Mahkamah Konstitusi
  3. Mahfud MD di Mahkamah Konstitusi dalam Liputan Pers
  4. Konstitusi dan Hukum dalam Kontroversi Isu 
  5. Politik Hukum di Indonesia 
  6. Dasar-Dasar dan Struktur Ke Tatanegaraan Indonesia 
  7. Potret Akademisi dan Politisi
  8. Setahun Bersama Gus Dur, Kenangan Menjadi Menteri di Saat Sulit 
  9. Membangun Politik Hukum, Menegakkan Konstitusi 

4. Sosok Gusdurian

Melihat adanya beberapa buku yang mengulas tentang Gus Dur diatas tentu membuat kita tahu. Bahwa Mahfud MD adalah sosok yang sangat dekat dengan Gus Dur.

Gus Dur bukan lagi hanya sebatas bapak bangsa, lebih dari itu adalah teman diskusi terbaik. Mereka acap kali kerap membicarakan banyak hal tentang negara ini. Hal ini terlihat jelas dari tulisan yang berjudul “Mahfud MD Ungkap Kenangan saat Bersama Gus Dur” dalam sebuah artikel media online. 

5. Cawapres Ganjar Pranowo

Belum lama ini Mahfud MD resmi dipilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) oleh PDI Perjuangan untuk mendampingi Ganjar Pranowo yang lebih dulu diumumkan. Bukan suatu yang mengejutkan bila ada partai yang kepincut dengan suami Zaizatun Nihajati.

Bagaimana sosok Mahfu MD mampu memberi kontribusi untuk bangsa tak kurang dari 3 dekade. Berbagai pengalaman telah didapat dan selalu memberi hasil terbaik. Seolah tak ada cacat atau luka masa lalu yang bisa menjadi alasan untuk kemudian melakukan kampanye negatif.


Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Mahfud MD yang Bikin Takjub"