Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musim Hujan Tiba, Saatnya Cek 8 Bagian ini Saat Servis Motor

Musim hujan telah tiba, artinya servis motor harus disegerakan, terutama sebagai upaya mengembalikan kondisi kuda besi seperti sedia kala.

Cek 8 Bagian ini Saat Servis Motor
sudarcode.com

Servis motor berkala untuk pastikan kondisi motor baik-baik saja menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Terutama mereka yang terlalu takut dengan kondisi hujan.

Maklum saja, guyuran air seringkali membuat performa motor tidak sempurna. Bisa jadi karena licin sebagai akibat ban gundul atau rem yang telah blong.

Namun servis berkala bukan hanya konsen pada 2 hal tersebut. Hal ini karena pada praktiknya setidaknya ada 8 bagian motor yang perlu dicek.

Servis Berkala sebagai Upaya Pencegahan

Kita semua tentu sepakat dengan pepatah, “sedia payung sebelum hujan” atau “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Mungkin itu adalah istilah yang pas untuk menggambarkan kondisi ini.

Di mana pemilik motor harus sebaik mungkin merawat motor yang mereka miliki. Jangan abai dan nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya kecelakaan karena motor kurang terawat.

Bengkel motor yang baik setidaknya akan konsen pada 8 bagian motor untuk dilakukan pengecekan. Mereka tentu miliki standar yang baik kondisi bagian-bagian tersebut harus seperti apa. Pengecekan 8 bagian tersebut antara lain;

1. Oli Mesin

oli x-ten
sudarcode.com

Oli mesin memiliki beberapa fungsi dan akan berakibat fatal bila gagal proses. Setidaknya ada 3 fungsi utama dari adanya oli mesin baik itu sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. 

Oleh karenanya oli mesin perlu diganti secara rutin atau berkala. Pada umumnya oli mesin bisa bekerja dengan optimal pada jarak tempuh 2.500 kilometer.

Hanya sedikit saja oli mesin yang bisa bekerja dengan baik pada jarak diatas 2.500 kilometer. Dan salah satu yang diakui keperkasaannya sebagai oli motor matic tentu saja oli X-Ten.

Hal ini tidak terlepas dari teknologi ester yang ada didalamnya. Oli dengan base oil tertinggi dikelasnya ini sudah bisa didapatkan di bengkel Planet Ban terdekat.

2. Oli Gardan

Selanjutnya, khusus pada motor matic saat ini membutuhkan oli gardan. Hal ini karena motor jenis ini tidak menggunakan rantai dan atau penggerak seperti motor pada umumnya.

Oli gardan ini akan memberi perlindungan pada gear yang ada pada Continuously Variable Transmission (CVT). Pada umumnya oli ini akan diganti setiap 5.000 kilometer atau 2 kali masa penggantian oli mesin pada umumnya.

Lain cerita bila beralih menggunakan oli mesin dengan teknologi ester maka proses penggantian bisa berbarengan. Saat ke bengkel bukan saja ganti oli mesin tapi sekaligus ganti oli gardan. 

3. Kampas Rem

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa musim hujan butuh perhatian ekstra. Salah satunya dengan memastikan rem berfungsi dengan sempurna.

Gagal proses pengereman tentu akan berakibat fatal. Kecelakaan bisa jadi tak terhindarkan dan hal ini tentu tidak diinginkan.

Kita sebagai pengguna pun tentu bisa merasakan. Apakah rem masih layak pakai atau perlu dilakukan penggantian. Jangan sekali-kali menunda penggantian bila memang harus diganti yang baru.

4. Ban

Bukan hanya kampas rem yang krusial. Kondisi ban pun butuh perhatian ekstra. Terlebih bagi mereka yang sering mengaspal dalam kondisi jalan basah.

Salah pemilihan ban saja bisa mengakibatkan tergelincir. Apalagi bila kondisi ban telah gundul tentu potensi kecelakaan semakin besar.

Ban gundul pun rawan akan kebocoran dan tentu tak ingin ini terjadi. Terlebih bagi mereka yang sering berkendara malam hari di jalan yang sepi.

5. Filter Udara

Mereka yang menggunakan motor matic tentu merasa begitu nyaman dengan tarikan yang ada. Hal ini tak lepas dari adanya filter udara yang berfungsi dengan sempurna.

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak disertai kotoran berlebih. Hal ini bila dibiarkan maka akan menimbulkan sumbatan pada sistem injeksi dan karburator. 

Pada saat pemeriksaan akan ada 2 opsi, dimana bila masih bisa dibersihkan maka akan dibersihkan. Namun bila sudah terlalu kotor dan tidak bisa bekerja optimal ada baiknya untuk lakukan penggantian.

6. Busi

Beruntung saat ini mayoritas motor telah memiliki teknologi kelistrikan yang baik. Salah satunya ditandai dengan adanya starter.

Di mana pengguna cukup tekan tombol maka motor akan langsung menyala. Semua itu karena kinerja busi yang apik.

Lain cerita bila kemudian busi kotor atau tidak bekerja dengan normal. Maka hampir bisa dipastikan tombol starter tidak bisa digunakan. Yang ada kemudian maka kita harus menyalakan manual dengan mengandalkan tenaga kaki.

7. Aki atau Accu

Dalam sistem kelistrikkan busi berfungsi sebagai pemantik api. Sementara itu aki atau accu berfungsi untuk menyimpan listrik dalam motor.

Pada kondisi normal tegangan ada diangka 12,3 Volt hingga12,6 Volt saat mesin mati. Kenaikan tegangan akan terjadi saat mesin menyala, dimana tegangan aki akan berada diangka 13,7 Volt hingga 14,2 Volt. 

Yang perlu menjadi perhatian tentu saja agar tidak terjadi kebocoran karena tegangan akan turun atau tidak pada kondisi semestinya. Selain itu juga perlu dilakukan pengecekan pada masing-masing terminal karena rentan terjadi karat.

8. Tune up Motor Rutin

Yang tak boleh terlewatkan tentu saja tune up motor rutin. Kegiatan dari tune up ini adalah pengecekan atau pemeriksaan menyeluruh setiap komponen yang ada.

Kegiatan ini harus dilakukan oleh mereka yang terlatih. Mereka harus mendapat pemahaman yang tepat sehingga tahu betul kondisi motor layaknya setelan pabrik. 

Kegiatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan tekanan ban, kondisi lampu, klakson, rem, VCT dan lain-lain. Saat tune up inilah mekanik akan memberikan pertimbangan komponen apa saja yang perlu diganti. 

Keputusan akhir memang ada pada pemilik motor. Namun bila ada rekomendasi untuk dilakukan penggantian maka jangan menunda. Hal ini karena mereka tahu betul bila penggantian memang dibutuhkan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Kini kita sudah tahu tentang 8 bagian wajib cek saat servis motor. Selanjutnya tentu saja menentukan bengkel mana yang akan mendapat mandat untuk melakukan servis motor tersebut.

Jangan asal pilih dan pastikan hanya menggunakan bengkel yang miliki standar operasional prosedur baku dan terbukti. Dengan cara ini maka berkunjung ke cabang manapun hasilnya sama baiknya.

Dan salah satu bengkel motor terpercaya tentu saja ada Planet Ban. Bengkel ini begitu mudah ditemukan. Bahkan di tempat tinggal saya dalam jarak radius 7 kilometer ada 2 bengkel Planet Ban.

Saya pribadi pernah servis motor di 2 bengkel tersebut. Dan benar saja mereka mampu bekerja dengan efektif.

Selain memang miliki ketrampilan yang mumpuni mereka juga menggunakan teknologi canggih. Menjadikan segala sesuatunya lebih terukur dan ada data yang valid.

Menjadikan motor benar-benar kian nyaman ditunggangi. Usut punya usut ternyata mereka miliki sistem servis terpada yang mana mereka berupaya melakukan servis motor rasa baru.

Keluar bengkel motor menjadi lebih berperforma. Baik itu dari sisi tarikan maupun suara yang muncul. Motor kian gagah saat kembali mengaspal.

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban

Ada banyak kelebihan saat servis motor di Planet Ban. Bagi saya pribadi yang benar-benar saya rasakan adalah SOP yang ada membuat proses lebih cepat dan terukur.

Mereka juga miliki oli dan cairan khusus yang membuat performa motor kian baik. Selain itu tentu saja tetap melindungi mesin untuk terus bekerja dalam jangka panjang.

Berbagai spare part mereka sediakan dan bila perlu melakukan penggantian langsung bisa dieksekusi. Menjadikan motor kian nyaman saat dinaiki serta memberi rasa aman saat berkendara.

Apabila ke bengkel biasa maka ganti oli dilakukan per 2.500 kilometer yang akan ditempuh dalam waktu 2 hingga 3 bulan. Berbeda bila menggunakan oli dengan teknologi ester yang perlu diganti saat menyentuh angka 5.000 kilometer.

Jarak ini pada umumnya akan membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 bulan. Artinya, baik secara waktu maupun biaya bengkel Planet Ban memberi keuntungan yang lebih baik.

Servis motor secara rutin mampu menurunkan emisi gas buang. Secara tidak langsung maka pencemaran udara akan bisa dikurangi.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Bengkel lain

Dengan segala kelebihan diatas tentu kita dengan mudah akan menemukan perbedaan servis motor di Planet Ban dengan bengkel lain. Yang nampak bila dicermati dengan seksama tentu saja hasil yang jauh lebih baik.

Terutama saat proses membersihkan debu dan kotoran. Bukan hanya pada bagian yang nampak saja tapi juga hingga bagian paling dalam juga turut dibersihkan.

Beberapa bagian yang akan menjadi fokus antara lain kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston hingga throttle body. Tak ada bagian yang akan terlewatkan dan benar saja hasil layaknya produk baru.

Servis motor di Planet Ban itu terjangkau. Cukup dengan Rp 20 ribu saja sudah bisa servis motor injeksi, pun dengan servis throttle body. Sementara itu untuk servis CVT dan belt dikenakan Rp19.500,-.

Dengan segala keunggulan yang ada tentu akan sangat sulit untuk menolak. Servis motor ya ke Planet Ban.

14 komentar untuk "Musim Hujan Tiba, Saatnya Cek 8 Bagian ini Saat Servis Motor"

  1. Wah, ini rutinitas bulanan aku mas, servis Mio hehehe. Iya, cek semua seperti ban, ganti oli, rem masih pakem atau nggak dll. Jangan sampai terlewatkan ntar makin panjang urusannya hihihi. Di Planet ban bagus banget ya kualitas sparepart harga terjangkau dan montirnya mahir semua. TFS mas Joko 😃😃🙏

    BalasHapus
  2. Nah bener nih jangan lupa service motor apalgi mau masuk musim penghujan kayak sekarang ..harus service berkala yang rajin

    BalasHapus
  3. Olie mesin adalah hal yang sering disepelekan padahal sangat vital bagi kinerja motor.

    BalasHapus
  4. Sekarang jadi sering mampir ke planet ban buat ganti oli, rekomended sih emang oli XTen nya

    BalasHapus
  5. Punya sepeda motor emang kudu rajin cek ricek dan perawatan di bengkel, ya. Hmmm. Itulah sebabnya saya yang gak telaten buat ngurus servis kekgitu milih gak punya motor ... eh bercyandaaa berchandyaa ... yg benere, gak punya mtr sebab gak bisa naiik. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. Baru minggu lalu aku juga ganti ban di Planet Ban
    Servicenya oke punya deh. Selain ganti ban, mereka juga sekalian ngecek yang lain-lainnya. Jadi langsung berasa aman pakai motornya setelah servis

    BalasHapus
  7. info ini penting banget buat aku yang cuma bisa pake motor doang tapi gak tau ngerawatnya. Apa semua cewek yang pake motor gitu ya, apa cuma aku doang? haha. Makasih kak informasinya, ke depannya mau lebih aware sama motor sendiri hihi.

    BalasHapus
  8. Dulu setiap musim hujan, kehujanan atau semacam kedinginan gitu motor sering mati mendadak. Eh ternyata kata mekaniknya itu busi yg bermasalah. Sejak itu selalu up date deh service buat cek busi, oli, rem,ban dll. Alhamdulillah sejak itu musim hujan pun motor tak banyak masalah lagi...

    BalasHapus
  9. Pengalaman di Planet Ban untuk servisnya lumayan memuaskan. Pegawainya gercep dan pembayarannya sudah bisa berbagai cara, cash atau non cash bisa

    BalasHapus
  10. Service motor emang sepenting itu, minimal ganti oli seiap bulan. Kalau service besar biasanya tiap tiga bulan sekali. Yang paling nggak bisa nunda kalau bannya gundul. Emang takut banget make motornya. Emang paling cocok ganti ban di Planet Ban sih.

    BalasHapus
  11. Loh, saya baru tahu kl bisa cek motor di planet ban. Prefer kesana karena terpercaya dan ada sop pengerjaan oleh pekerjanya. Thanks mas infonya.

    BalasHapus
  12. Ternyata murah ya service di planet ban. Terus terang saya belum pernah. Kapan-kapan bisa nyoba nih

    BalasHapus
  13. Wow terjangkau sekali ya biasa mengecek kendaraan di Planet Ban. Memang ya yang namanya kendaraan khususnya motor kalau udah masuk musim hujan gini butuh perhatian serius, apalagi kalau udah ketemu genangan atau malah banjir, waduh. Kudu sering2 dicek bagian mesinnya khawatirnya kemasukan air dan ada yang error.

    BalasHapus
  14. Memang harus selalu dicek ya kondisi motor apalagi kalau dipakai harian

    BalasHapus

na na ni na