Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BRILianpreneur; Bukti Nyata BRI Turut Membangun Bangsa

Sebagai pelaku UMKM skala kecil atau tepatnya ultra mikro saya sangat bersyukur dengan adanya bank BRI. Di mana mereka hadir dan memberi perhatian lebih kepada para pelaku UMKM di Indonesia. Salah satunya melalui program BRILianpreneur.

BRILianpreneur
bri.co.id

BRILianpreneur bukanlah produk baru karena ini telah hadir sejak beberapa tahun lalu atau tepatnya 2019. Namun jangan salah, setiap kali dibuka disambut ribuan antusias para pelaku UMKM di tanah air.

Sebagai salah satu pengurus Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kalurahan Sidomoyo saya pun berupaya, senantiasa membagikan berbagai fasilitasi dan kesempatan yang bisa diikuti secara cuma-cuma kepada seluruh anggota.

UMKM yang ada di sekitar kita pun identik dengan para pelaku usaha disektor kuliner, craft dan fashion. Hanya sedikit saja yang berada di sektor jasa.

Tentu mereka yang miliki usaha dibidang kuliner, craft dan fashion ini mendapat porsi lebih untuk tumbuh dan berkembang. Selain pemerinah melalui kementerian dan dinas yang ada kini juga hadir BRI yang suport UMKM untuk naik kelas.

Dan BRILianpreneur masih dianggap jalan pintas atas fast track untuk UMKM Naik Kelas. Di mana mereka yang lolos dalam program ini akan menjalani serangkaian kelas atau pelatihan beserta mentoring untuk menjadi UMKM kelas dunia.

Bukti Nyata Komitmen BRI

Bukan hanya BRILianpreneur saja tapi ada banyak hal lain yang telah disiapkan BRI untuk Indonesia, khususnya para pelaku usaha ditanah air. Satu kesempatan emas tentunya dan harus digunakan sebaik mungkin. 

Siapa tahu bukan, usai menjadi nasabah bank BRI dan kemudian dibimbing untuk bagaimana produk carft dan kemudian bisa berbicara dikelas dunia. Dengan cara ini mereka tak ubahnya pahlawan UMKM karena telah memberikan kontribusi dan bukti nyata.

BRILianpreneur 2023 di Depan Mata

BRILianpreneur 2023 di Depan Mata

Puncak dari acara ajang tahunan paling bergengsi ini sedianya akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 7 hingga 10 Desember 2023 di Jakarta Convention Center.

Tahun ini mereka mengusung tema Crafting Global Connection yang mana mencerminkan ambisi dan komitmen Bank BRI dalam mendorong pelaku UMKM go global. Sudah saatnya UMKM mampu mengikuti perkembangan dan hubungan dengan mitra / pembeli dari seluruh dunia.

Seperti kita tahu salah satu pilar ekonomi yang mendominasi perekonomian bangsa berasal dari sektor UMKM. Dan oleh karenanya mereka harus mendapat suport dan dukungan sebaik mungkin.

Bukan hanya untuk memberi keuntungan yang lebih bagi pelaku UMKM, lebih dari itu juga mampu membuka lapangan pekerjaan seluas mungkin.

Tahun ini tak kurang dari 500 UMKM telah terpilih dan mengikuti program BRILianpreneur 2023. Mereka terbagi dalam 5 kategori mulai dari Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, dan Healthcare / Wellness

Berbagai tahapan telah mereka lalui, mulai dari pelatihan dan mentoring sebagai bagian paling awal. Selanjutnya BRI juga menyiapkan bazaar, pojok konsultasi, business matching, live shopping, Expo Showcase UMKM, UMKM Award, Entertainment & Art Installation, Creative Lab, Community Activation dan masih banyak kegiatan lainnya.

Melihat ada banyak hal menarik yang telah dilakukan BRI maka ada baiknya siapkan diri kamu untuk mengikuti BRILianpreneur yang akan datang. Meski saat ini belum dibuka tapi ada baiknya ketahui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain program diatas bank milik pemerintah ini juga getol melakukan digitalisasi BRI. Tujuannya sudah pasti untuk memanjakan para pengguna BRI. Di manapun kapanpun transaksi bisa dilakukan.

Berkaca dari ketentuan yang ada sebelumnya maka berikut adalah kisi-kisinya. Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja produk harus penuhi beberapa unsur mulai dari mendukung gerakan go green, memberdayakan masyarakat sekitar, memiliki keunikan dan story telling menarik.

Produk yang diikutkan harus masuk ke dalam salah 1 dari 5 kategori mulai dari Wastra & Fashion, Food & Baverage, Home Décor, Craft & Accessories, Beauty/Healthcare & Wellness. Tak kalah penting adalah pelaku UMKM miliki orientasi ekspor baik itu sudah melakukan atau siap ekspor.

Syarat Peserta :

  • Terbuka untuk Seluruh Nasabah BRI/NON BRI
  • Nasabah Binaan RO/KCK yang belum pernah ikut BRILianpreneur
  • Alumni BRILianpreneur 2019 – 2022
  • Alumni Pengusaha Muda Brilian 2020 dan 2022
  • Member Growpreneur by BRI
  • UMKM Anggota Rumah BUMN

Untuk mengikuti kegiatan ini pelaku UMKM dapat mendaftarkan usaha yang ada melalui link pendaftaran di https://registrasi.brilianpreneur.com/id.

Posting Komentar untuk "BRILianpreneur; Bukti Nyata BRI Turut Membangun Bangsa"