Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot Sebagai Platform Berbagi Tulisan

Sebagai pengguna blogspot saya ingin berbagi informasi terkait apa saja kelebihan dan kekurangan blogspot. Platform berbagai tulisan ini begitu banyak peminatnya dan tentu masing-masing memiliki penilaian yang berbeda-beda.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot
sudarcode.com

Tak salah bukan bila saya yang masih setia, lebih dari 5 tahun tetap menggunakan blogspot yang telah dikustom domain. Blog ini menjadi salah satu yang paling muda bila melihat Kanal Jogja saat ini telah berusia 7 tahun.

Selain itu ada juga Ivhaa.net, Wisata Lokal Indonesia dan Verrel.net. Yang mana semua itu menggunakan platform blogspot yang telah custom domain.

Mengenal Apa itu Blogspot

Blogspot adalah salah satu produk Google, di mana raksasa ini miliki produk yang cukup banyak. Dan pastinya bukan hanya gmail, gdoc, gdrive, gmaps atau google chrome saja tapi masih ada yang lain.

Berhubung blogspot adalah salah satu produk Google maka cara penggunaannya pun harus tunduk dan taat dengan apa yang menjadi ketentuan Google. Begitu mencoba melanggar Term of Service (TOS) maka siap-siap akan terkena pinalti hingga kehilangan.

Sementara itu menurut laman Wikipedia, Blogger dalam hal ini blogspot adalah layanan penerbitan blog. Di mana produk ini bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus dan didalamnya terdapat entri bertanda waktu. 

Platform ini kali pertama hadir pada tahun 1999 dan sosok yang berjasa dibaliknya adalah Pyra Labs. Selanjutnya pada tahun 2003 secara resmi Google mengakuisisi Content Management System (CMS) ini.

Dalam berjalannya waktu, platform ini mengalami sejumlah perbaikan. Hal ini setidaknya terlihat dari fitur yang ada saat ini. 

Beberapa fitur tersebut antara lain:

1. Template Designer

Dengan template ini pengguna bisa mengubah penampilan sesuai dengan yang diinginkan. Jangan kaget pula bila kemudian ada jutaan tampilan yang bisa didapat.

Maklum saja, template kini bisa di-custom sesuai dengan keinginan pengguna. Kini begitu mudah ditemukan jasa penjual template hingga mereka yang bersedia merapikan sesuai pesanan.

Tak jarang pula mereka yang masih pemula pun bisa otak atik tampilan. Terutama pada bagian font, ukuran huruf, header, footer, sidebar, dan lain-lain.

2. Widget

Tampilan tidak saja keren tapi juga mampu memberikan performa optimal. Semua itu berkat adanya widget yang bisa dipilih.

Tidak perlu membuat code atau script khusus. Cukup tambah atau kurangi saja. Beberapa widget bawaan yang bisa digunakan antara lain tab label, gambar, adsense, postingan terpopuler dan masih banyak lagi. 

3. Earning Tabs

Bagi pengguna adsense tentu akan sangat terbantu dengan adanya tools ini. Di mana dari tempat ini bisa memantau penghasilan setiap saat.

Sebisa mungkin menjaga iklan tayang sesuai dengan konten dibuat. Cara ini tentu tetap menjaga relevansi senantiasa terjaga.

4. Stats Tab

Bukan hanya penghasilan tapi juga jumlah pengunjung pun bisa dipantau dari dalam platform ini. Dengan mengetahui performa blog maka pengguna akan lebih mudah mengoptimalkan.

Terutama tentang bagaimana cara menemukan konten yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembaca. Tidak kalah penting juga akan muncul demografi dan tren pembaca selama berkunjung dalam rentang hari ini, minggu ini, bulan ini atau waktu-waktu tertentu.

5. Team Blogging

Mengelola platform tidak harus seorang sendiri. Kita pun bisa mengajak orang lain untuk berkolaborasi.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan menambahkan team dengan mengundang sebagai penulis. Mereka ini pun bisa diatur akses yang ada. Mau penuh atau sebagian dan dengan cara ini tentu akan lebih mudah dalam bagi tugas.

6. Blogging by Phone

Fitur yang selanjutnya ini tentu sangat memudahkan para blogger untuk nge-blog di mana saja dan kapan saja. Berbekal smartphone maka semua pekerjaan di bidang blogging akan beres.

Memang butuh adaptasi di awal, terutama mereka yang sebelumnya tidak pernah menggunakan smartpone sebagai cara input artikel. Namun setelah itu akan menjadi pengalaman mudah dan menyenangkan tentunya.

Sangat cocok bagi mereka yang miliki mobilitas tinggi. Atau bagi mereka yang miliki target posting meski dalam keterbatasan alat kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Blogspot

Dengan sejumlah fitur yang ada diatas tentu kita sudah bisa melihat. Apa saja kelebihan blogspot sebagai CMS.

Menjadi menarik kemudian ternyata nama yang kita gunakan adalah subdomain dari apa yang diberikan CMS milik google. Di mana bukan hanya https://sudarcode.blogspot.com saja tapi sudah bisa dikustom menjadi https://sudarcode.com 

Harga untuk kustom domain pun variatif. Mulai dari belasan ribu seperty .my.id hingga ratusan ribu seperti .com dan .net.

Kelebihan blogspot sebagai CMS:

1. Gratis 100% Selamanya

Bagi mereka yang enggan keluar biaya maka bisa menggunakan CMS ini secara cuma-cuma. Tulisan tetap akan ada selama platform ini tetap dibawah naungan Google.

2. Bisa Custom Domain

Namun bila ingin nama lebih keren dan terlihat lebih profesional bisa custom domain. Soal harga pun bisa disesuaikan ingin ekstensi apa.

3. SEO Friendly

Berhubung blogspot adalah salah satu produk Google maka bisa dipastikan SEO Friendly. Tidak perlu mengeluarkan energi banyak untuk kemudian bisa ditemukan di mesin pencari.

4. Google  AdSense

Salah satu tujuan para penulis merambah dunia ini tentu saja untuk mendapat cuan dari Google Adsense. Telah banyak blogger lokal yang sukses meraup keuntungan sebagai publisher Google ini.

5. Mudah Dibuat dan Digunakan

Menjadi seorang blogger tidak harus mahir coding dan Google tahu hal tersebut. Tak ayal blogspot menjadi salah satu produk yang mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

6. Mudah Dikustom

Bagi mereka yang bisa coding, tentu platform ini menjadi cara untuk menunjukkan eksistensi diri. Di mana blogspot bisa diotak atik sesuai dengan keinginan pemilik.

7. Kapasitas Penyimpanan Besar

Google memberikan ruang bagi masing-masing pengguna 15GB. Pun termasuk didalamnya untuk blogspot dan semua itu sifatnya gratis.

8. Terintegrasi Produk Google Lainnya

Sebagai pengguna Google kita pasti tahu antara satu produk dengan produk lain bisa dengan mudah dikoneksikan. Tak terkecuali saat menggunakan blogspot maka bisa dihubungkan dengan yang lain dalam waktu bersamaan.

Kekurangan Blogspot

Tak ada gading yang tak retak. Pun demikian dalam produk ini dan ada sebagian pengguna yang mengeluhkan beberapa kekurangan blogspot, diantara adalah:

1. Tidak Miliki Plugin Bawaan

Bagi mereka yang menggunakan CMS Wordpress self hosted tentu akan sangat dimanjakan dengan apa yang namanya plugin. Di mana pengguna cukup instal dan kemudahan itu didapat.

Namun saat menggunakan blogspot pengalaman tersebut tidak didapat. Dan mau tidak mau harus usaha ekstra untuk mencapai performa terbaik.

2. Template Bawaan yang Terbatas

Meski dikatakan bisa gratis 100% tapi bila ingin tampilan lain maka tetap harus merogoh kocek. Maklum saja template bawaan blogspot terbilang jadul dan monoton.

Hal ini bisa jadi karena template yang mereka sediakan tidak diperbarui sepanjang waktu. Selain itu jumlah disediakan tidak cukup banyak.

Selain 2 hal diatas bisa jadi sebagian orang akan mengatakan bahwa tampilan terlalu sederhana. Namun bagi saya pribadi itu sifatnya relatif karena ada yang menganggap hal itu justru sebagai sebuah kelebihan.

Atau ada juga yang mengatakan pengguna blogspot harus bisa coding minimal HTML. Padahal tidak bisa pun tetap bisa menggunakan, hanya saja akan lebih baik bila sedikit-sedikit paham.

Akan menjadi nilai plus kemudian bila pengguna bersedia mempelajari bahasa pemrograman yang dimiliki blospot bukan. Saya pribadi pun dulu tidak pernah tahu apa itu HTML dan kini sedikit banyak pun berani otak atik meski hasil belum optimal.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Blogspot Sebagai Platform Berbagi Tulisan"